KRIPIK SINGKONG SETAN KOBER
Disusun untuk
memenuhi Tugas Mata Kuliah
“Kewirausahaan”
Dosen Pengampu : Dr. Drs. Sukirman., S. Pd. SH. MM
Disusun oleh :
Kurniawan Faisol Efendi (201511313)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya, sehingga
penulis mampu menyelesaikan proposal ini dengan baik.
Penulisan proposal
ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan di
Universitas Muria Kudus Jurusan Manajemen.
Dalam memenuhi
persyaratan tersebut penulis mencoba membuat proposal yang berjudul “Kripik Singkong Setan Kober”.
Dalam menyusun proposal
ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari
kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang di miliki penulis terbatas,
cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam menyusun proposal
ini.
Akhir kata, semoga
proposal ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada
umumnya.
Kudus, Maret 2017
Penulis
ABSTRAK
Keripik
singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang
banyak digemari konsumen. Rasanya yang renyah dan murahnya harga yang
ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani
waktu santai bersama rekan dan keluarga.
Seiring
dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini keripik singkong mulai
diinovasikan menjadi keripik pedas dengan beberapa tingkatan level. Meskipun
trend tersebut belum lama dikenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah
sangat pesat, sehingga banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur
dengan menambahkan ekstra pedas pada produk keripik yang diciptakannya.
Sejatinya,
produk keripik singkong pedas bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia.
Namun dengan menambahkan sedikit inovasi dalam hal peningkatan level rasa pedas
yang ditawarkan, kini keripik tersebut banyak dicari konsumen dan menjadi salah
satu peluang
bisnis menarik yang menjanjikan untung besar bagi pelakunya.
Konsumen
Rata-rata
penggemar berat makanan pedas adalah kalangan remaja atau anak muda. Menjadikannya
sebagai target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa
level rasa pedas untuk memenuhi permintaan para konsumen.
Info Bisnis
Saat ini berbagai macam merek
keripik pedas bisa kita temukan di pasaran. Sebut saja keripik pedas Maicih,
Kripik Setan, Keripik Jenglots, Kripik Goal, Keripik Mang Lada, dan masih
banyak lagi merek keripik pedas lainnya yang bisa kita temukan di berbagai
pelosok daerah. Rata-rata para produsen keripik pedas tersebut menawarkan
tingkatan level pedas dari mulai level satu hingga level sepuluh, atau ada juga
yang menawarkan level Dewa dan setengah Dewa untuk membedakan tingkat pedas
yang ditawarkannya kepada para konsumen.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................................... iii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iv
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Usaha.............................................................................................. 1
BAB II PROFIL
PERUSAHAAN
2.1 Profil
Perusahaan...................................................................................................... 2
BAB III STRUKTUR
ORGANISASI
3.1 Struktur
Organisasi................................................................................................... 3
3.2
Biodata Pemilik dan Karyawan................................................................................ 4
BAB IV PRODUK USAHA
4.1 Produk Usaha........................................................................................................... 6
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1 Aspek Pemasaran...................................................................................................... 9
BAB VI RENCANA KEUANGAN
6.1 Rencana Keuangan................................................................................................... 10
PENUTUP
LAMPIRAN
BAB II
A. PROFIL
PERUSAHAAN
Nama perusahaan :EFE
Alamat :Bulungcangkring
Rt 04/13 Jekulo Kudus
Nama pemilik :Kurniawan
Faisol Efendi
Alamat :Bulungcangkring Rt 04/13 Jekulo
Kudus
NO. HP :085727849838
E-mail :faisolefe@gmail.com
Bidang
dan bentuk
1.
Bidang : Manufaktur
2. Bentuk : produksi
rumah tangga
Logo Perusahaan :
BAB III
A.
Struktur Organisasi
Tugas dan tanggung jawab pada masing-masing bagian, yakni :
a. Pemilik + Keuangan : pemilik bertugas dalam pengambilan keputusan,
melakukan pengawasan dan menyusun anggaran perusahaan sendiri, serta mencatat,
mengatur, dan merencanakan masuknya uang yang berhubungan dengan kegiatan
perusahaan, dan melakukan penyimpanan arsip-arsip atau dokumen yang berhubungan
dengan perusahaan itu sendiri.
b. Pemasaran : bertugas untuk
memperluas pangsa pasar dalam mempromosikan produk keripik singkong tersebut.
c. Produksi : bertugas untuk mengolah bahan mentah menjadi produk keripik
singkong yang siap dipasarkan. Tenaga kerja pada bagian produksi terdiri atas :
1) Penyediaan bahan baku : tenaga kerja pada bagian ini bertugas menyediakan
bahan mentah dan bahan penolong yang digunakan sebagai bahan olahan produk.
2) Proses awal dan Pengolahan Bumbu: tenaga kerja pada bagian ini bertugas
membersihkan singkong, pengolahan bumbu dan adonan untuk keripik.
Proses akhir dan Pengemasan
: tenaga kerja pada bagian ini bertugas memproses setelah keripik diberi bumbu
dan adonan yang selanjutnya digoreng dan didinginkan hingga minyaknya terpisah.
Selain itu juga bertugas mengemas hasil dari keripik yang telah digoreng dengan
menggunakan pesin pengemas yang telah disediakan.
B.
Biodata
Pemilik Dan Karyawan
·
Biodata Pemilik
1.
Identitas Diri
1
|
Nama
Lengkap
|
Kurniawan
Faisol Efendi
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
3
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
Kudus, 03
November 1996
|
4
|
E-mail
|
|
5
|
Nomor Telopon/HP
|
085727849838
|
2.
Riwayat Hidup
SD
|
SMP
|
SMK
|
|
Nama
Institusi
|
SD N 7 Bulungcangkring
|
SMP N 1 Jekulo
|
SMK NU Ma’arif
|
Jurusan
|
-
|
-
|
TP
|
Tahun
Ajaran
|
2003-2009
|
2009-2012
|
2012-2015
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini
adalah benar dan dapat dipertaggung jawabkan secara hukum. Apabila dikemudian
hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima
sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah
satu persyaratan dalam pembuatan proposal.
·
Biodata Karyawan 1
1.
Identitas Diri
1
|
Nama
Lengkap
|
Emmahendrasari
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
P
|
3
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
Kudus, 19 Mei 1995
|
4
|
E-mail
|
emmahendrasari95@gmail.com
|
5
|
Nomor
Telopon/HP
|
085773034440
|
2.
Riwayat Hidup
SD
|
SMP
|
SMK
|
|
Nama Institusi
|
SD N 7 Bulungcangkring
|
SMP N 1 Jekulo
|
SMA N 1 Jekulo
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPA
|
Tahun
Ajaran
|
2001 – 2007
|
2007 – 2010
|
2010 – 2013
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini
adalah benar dan dapat dipertaggung jawabkan secara hukum. Apabila dikemudian
hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima
sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah
satu persyaratan dalam pembuatan proposal
·
Biodata Karyawan 2
1.
Identitas Diri
1
|
Nama
Lengkap
|
Vivi Elita
Yahya
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
P
|
3
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
Kudus, 11
Februari 1997
|
4
|
E-mail
|
|
5
|
Nomor
Telopon/HP
|
085729723930
|
2.
Riwayat Hidup
SD
|
SMP
|
SMK
|
|
Nama Institusi
|
SD 5 Bulungcangkring
|
Mts NU Wahid Hasyim Salafiyah
|
MA NU Wahid Hasyim Salafiyah
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPS
|
Tahun
Ajaran
|
2003-2009
|
2009-2012
|
2012-2015
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini
adalah benar dan dapat dipertaggung jawabkan secara hukum. Apabila dikemudian
hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima
sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah
satu persyaratan dalam pembuatan proposal
·
Biodata Karyawan 3
1.
Identitas Diri
1
|
Nama
Lengkap
|
Akhmad Zaenufi
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
4
|
Program
Studi
|
Ekonomi
Syariah
|
5
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
Kudus, 20 Agustus1995
|
7
|
Nomor
Telopon/HP
|
085876877167
|
2.
Riwayat Hidup
SD
|
SMP
|
SMK
|
|
Nama
Institusi
|
SD N 7 Bulungcangkring
|
Mts NU Wahid Hasyim Salafiyah
|
Mts NU Wahid Hasyim Salafiyah
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPS
|
Tahun
Ajaran
|
2001 – 2007
|
2007 – 2010
|
2010 – 2013
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini
adalah benar dan dapat dipertaggung jawabkan secara hukum. Apabila dikemudian
hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima
sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah
satu persyaratan dalam pembuatan proposal
BAB IV
A.
Produk Usaha
1.
Jenis bahan baku
dan sumbernya, peralatan atau mesin, dan perlengkapan yang di gunakan.
a.
Jenis bahan baku dan sumbernya
v
Singkong
b.
Bahan pelengkap
1. Kapur sirih
2. Bawang merah
3. Cuka
4. Bawang putih
5. Garam
6. Cabe
7. Minyak goreng
8. Semua bahan-bahan tersebut diperoleh dari pasar kecuali singkong,
singkong diperoleh dari petani singkong sehingga kualitasnya bagus. Tetapi jika
pasokan petani singkong tidak ada maka pembeliannya di pasar.
c.
Peralatan
1. Kompor gas dan tabung
2. Peralatan penggorengan ( wajan dan alat penirisnya )
3. Mesin penggiris singkong (slicer )
4. Mesin pengemas ( sealer )
d.
Perlengkapan
1. Plastik kemasan
e.
Proses produksi
Bahan :
1. 1 kg singkong diiris bulat tipis
2. 1 sendok teh kapur sirih
Bumbu :
1. 5 butir bawang merah
2. 1 sendok makan cuka
3. 4 siung bawang putih
4. Garam menurut selera
5. 2 ons cabe giling
6. 50 butir cabe merah
7. Minyak goreng
Cara Membuat :
1. Irisan singkong direndam dalam air kapur sirih selama ½ jam
2. Haluskan bumbu dan tumis dengan api kecil sampai bumbu merata dan kental
3. Setelah matang masukkan cuka secukupnya dan dinginkan
4. Tiriskan irisan singkong, keringkan diatas nampan beralaskan kertas atau
lap kering
5. Goreng irisan singkong dalam minyak panas dan terendam
6. Jangan sampai singkong melekat satu sama lain. Bila busa minyak hilang
angkat gorengan dan tiriskan
7. Aduk bersama sambal yang telah dingin.
8. Rencana Produksi
Keunggulan Produk dibanding Produk Lain
Setiap produk selalu memilih
keunggulan tersendiri dibanding produk lain, begitu juga produk yang kami
tawarkan, keunggulannya antara lain memiliki rasa yang pedas yang berlevel,
renyah, bergizi serta murahnya harga
yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk
menemani waktu santai bersama rekan dan keluarganya.
BAB V
A.
Aspek Pemasaran
1.
Segmentasi Pasar
Produk Kripik Singkong Setan
Kober ini terutama ditujukan untuk kalangan remaja atau anak muda, Karena
rata-rata penggemar berat makanan pedas adalah anak muda . tetapi kalangan menengah bawah maupun atas bisa
menikmatinya. Mereka sering mengkonsumsinya untuk dijadikan sebagai makanan
ringan atau cemilan.
2.
Targetting Profil Pasar yang dituju
Target pasar
yang kami tuju adalah sebagian besar di kabupaten kudus sendiri, seperti di
pasar tradisional, supermarket, toko-toko serta pusat oleh-oleh.
3. Faktor
kompetitif
Untuk produksi
kripik singkong setan kober bang efe sendiri dimana target konsumen yang
ditetapkan adalah segmen menengah bawah, terutama untuk para remaja maka factor
harga menjadi sangat sensitive, untuk itu kami menjualnya dengan harga yang
terjangkau sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat. Atau dengan kata lain
harga produk kami lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing kripik lainnya,
tetapi kualitas produk tetap bagus agar dapat mencakup seluruh elemen
masyarakat. Dan memberikan diskon bagi pelanggan yang membeli dalam jumlah
banyak.
Dalam menjalankan suatu bisnis kami akan memposisikan produk ini sebaik
mungkin agar para konsumen merasa puas akan produk yang kami tawarkan. Kami
mengutamakan kualitas dan kuantitas produk dengan rasa khas yang sangat cocok dilidah konsumen.
4.
Rencana penjualan
Untuk produk Kripik Singkong Setan Kober Bang Efe media promosi pertama adalah
membandingkan logo dan melakukan promosi langsung ke konsumen dimana konsumen
disuruh untuk mencoba memakannya dengan harapan mereka akan selalu ingat rasa produk dari kripik singkong bang efe. Dalam
melakukan promosi selanjutnya ditempuh dengan memasang iklan dijejaring sosial
group yang banyak dikunjungi masyarakat online. Selain itu strategi promosi
lainnya yang juga kami jalankan adalah dengan cara mengikuti berbagai pameran
usaha kecil menengah (UKM ) yang diadakan didaerah kami maupun diluar kota.
Melalui pameran, kami bias mengenalkan produk kripik singkong setan kober kepada
khalayak ramai dan membuka peluang besar untuk mengembangkan usaha tersebut.
BAB
VI
A. Rencana Keuangan
A. Investasi yang Diperlukan dan Sumber
Dana
Investasi diperoleh dari dana pribadi dan hutang dari
bank untuk usaha kripik singkong pedas. Modal utama sebesar Rp 17.000.000,00
dan Hutang sebesar Rp 5000.000,00.
v
Peralatan
Mesin penggiris singkong ( slicer ) Rp
4.500.000
Mesin pengemas ( slecer ) Rp 500.000
Peralatan menggoreng ( wajan dan alat penirisnya ) Rp 300.000
Kompor gas dan tabung 3 kg Rp 300.000 +
Total Rp
5.600.000
v
Peralatan mengalami
penyusutan sebagai berikut :
Mesin penggiris singkong ( slicer ) Rp
75.000
Mesin pengemas ( slecer ) Rp 14.000
Peralatan menggoreng ( wajan dan alat penirisnya ) Rp 8.000
Kompor gas dan tabung 3 kg Rp 8.000 +
Total Rp.
105.000
v
Biaya operasional per
bulan
Belanja bahan baku per hari :
Singkong ( Rp 1.500,00/kg
x 50 kg ) Rp 75.000,00
Minyak goreng ( Rp 13.000,00/kg x 20 kg ) Rp
260.000,00
Cabe dll.
Rp
250.000,00
Total Rp
585.000,00
Biaya belanja per bulan :
Bahan baku Rp 585.000,00 x 30
hari Rp 17.550.000,00
Plastik kemasan Rp. 1.500.000,00
Gas 3 kg ( Rp 17.500,00 x 15
tabung ) Rp 262.500,00
Gaji pegawai ( 3 orang x Rp 1.200.000
) Rp 3.600.000,00
Biaya transportasi Rp 1.000.000,00
Biaya penyusutan peralatan Rp 105.700,00 +
Total Rp 24.018.200,00
v
Omset penjualan per bulan
Rata-rata penjualan produk Rp
1.000.000/hari
Perbulan : Rp 1.000.000,00 x 30
hari = Rp 30.000.000,00
B. LAPORAN LABA RUGI
LABA BERSIH per bulan
Penjual Rp
30.000.000,00
Biaya operasional
( Rp 24.018.200,00 )
Laba Rp
5.981.800,00
C. LAPORAN PERUBAHAN MODAL
Modal awal Rp 17.000.000,00
Laba Rp 5.981.800,00
Prive
(Rp 281.800,00)
Penambahan modal Rp 5.700.000,00
+
Modal akhir Rp22.700.000,00
D.
LAPORAN NERACA
ASSET
Asset lancar :
Kas Rp 2.205.000,00
Perlengkapan Rp 1.500.000,00
Pers.bahan baku Rp 17.550.000,00 +
JUMLAH Rp 23.155.000,00
Harta tetap :
Peralatan Rp 5.600.000,00
Ak.peny.peralatan ( Rp
105.000,00 )
Rp 5.495.000,00
Kendaraan Rp 1000.000,00
Ak.peny.kendaraan
( Rp 50.000,00 )
Rp 950.000,00
JUMLAH
AKTIVA Rp 27.700.000,00
|
LIABILITAS
Hutang lancar :
Hutang
usaha Rp 5.000.000,00
Modal
Modal Rp 22.700.000,00 +
JMH PASSIVA Rp
27.700.000,00
|
PENUTUP
Demikian Produk Kripik Singkong Setan Kober termasuk usaha yang cukup
menjanjikan karena memiliki peluang memperleh keuntungan yang tinggi, karena
wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual jenis snack ring Kripik
Singkong.
LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar